Bagaimana Cara Menyambung Pipa HDPE ?

Pipa HDPE merupakan singkatan dari High Density Polyethylene yaitu sebuah pipa dengan bahan plastik yang mempunyai tekanan cukup banyak digunakan untuk pipa air serta pipa gas. Dikatakan pipa plastik karena bahan atau material HDPE berasal dari polymer minyak bumi. Polietilena yang berdensitas tinggi atau High density polyethylene, HDPE, merupakan polietilena termoplastik yang berbahan dasar minyak bumi. Dibutuhkan sebanyak 1,75 kg minyak bumi untuk pembuatan 1 kg HDPE.

Pipa HDPE mempunyai cabang yang tidak terlalu banyak, ini disebabkan karena adanya pemilihan katalis serta kondisi reaki dalam proses produksinya. Karena percabangannya yang sedikit inilah, HDPE mempunyai kekuatan tensil serta gaya antar molekul yang dinilai cukup tinggi. HDPE juga dinilai sangat kuat dan mampu bertahan dalam kondisi apapun.

Pada saat ini pipa hdpe merupakan pilihan pipa untuk proyek instalasi pada pipa air serta gas. Dengan beberapa pertimbangan sebagai berikut:

  • Pipa HDPE merupakan pipa yang anti karat, ramah lingkungan serta sangat aman untuk kesehatan.
  • Pemasangan pipa HDPE sangatlah ringan dan juga mudah.
  • Kekuatan pipa HDPE bisa bertahan hingga 50 tahun.
  • Harga pipa HDPE sangatlah kompetitif.
  • Pipa HDPE bersifat food grade sehingga benar-benar aman untuk kesehatan.

Di Indonesia, sudah cukup banyak supplier pipa HDPE yang memberikan rekomendasi pipa dengan jenis terbaik ini. Tidak hanya di Indonesia, bahkan beberapa negara di eropa pun, sudah banyak yang memanfaatkan penggunaan pipa dengan jenis HDPE sebagai salah satu kebutuhan rumah tangga khususnya yang akan berkaitan dengan masalah pipa.

Jika Anda juga sudah menggunakan pipa HDPE, ada baiknya Anda mengetahui bagaimana cara penyambungan pipa ini. Berikut adalah ulasannya.

Cara Penyambungan Pipa HDPE

Ada 3 cara penyambungan yang bisa dilakukan untuk pipa HDPE, diantaranya adalah:

  1. Proses penyambungan dengan cara fitting mechanical joint

Penyambungan HDPE dengan metode ini merupakan cara yang dinilai sangat mudah dan cukup direkomendasikan untuk menyambungkan pipa dengan diameter 20 mm sampai 63 mm. Jenis

Keunggulan dari fitting mechanical joint:

  • Fitting mechanical joint atau biasa juga dikenal dengan fitting compression menggunakan bahan baku poly propylene yang akan tahan pada panas dan tidak akan mudah rusak.
  • Proses penyambungan pipa dengan metode ini tidak akan menggunakan mesin penyambung tapi akan mamanfaatkan tenaga mekanis yang bisa dikategorikan sebagai mechanical fitting adalah penyambungan yang menggunakan flange dan sambungan dengan penggunaan compression fitting.
  • Karena penggunaan metode ini hanya membutuhkan teknik memutar kunci tanpa membutuhkan tukang, maka proses penyambungan dengan metode fitting dinilai sangat cepat dalam proses pemasangan nya, selain itu juga akan sangat murah dan efisien dalam segi biaya.
  • Perawatan serta perbaikan fitting yang rusak sangatlah mudah, Anda hanya harus melepaskan nya saja sebab metode nya sangatlah mekanis tanpa membutuhkan pemanas.

Bagian-bagian terpenting dalam proses penyambungan pipa HDPE menggunakan metode Fitting Mechanical Joint:

  • Bagian Utama
    Bagian ini adalah bagian penopang paling utama dan bentuknya adalah kerangka aksesoris mechanical yang dipakai. Tersusun dari draft luar yang bermanfaat untuk mengikat compression collar.
  • Compression Collar
    Compression collar merupakan bagian yang akan berfungsi untuk mengikat pipa dengan aksesoris sambungannya. Perekatannya dengan sistem dratting, sehingga pipa tidak akan bergeser setelah dilakukan pemasangan.
  • Union Ring
    Union ring bentunya seperti gelang karet yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kebocoran pada bagian sambungan yang akan disatukan. Jika tidak ada bagian union ring kemungkinan akan ada kebocoran pada bagian sambungan nya.
  • Ring Penjepit
    Ring penjepit akan bermanfaat untuk menahan bagian union ring di tiap posisi. Bagian ini bisa digunakan untuk memastikan bahwa seluruh bagian tetap dalam posisi nya.

Proses penyambungan dengan Fitting Mechanical Joint:

  • Pertama-tama Anda perlu membuka bagian compression collar lalu melepaskan bagian union ring penjepit nya.
  • Lalu pasang union ring penjepit pada bagian ujung pipa.
  • Pasang kembali bagian compression collar kemudian kencangkan menggunakan tangan atau alat pengencang.
  • Lalu hal yang sama pada pipa lainnya yang akan dilakukan penyambungan.

    2. Proses penyambungan pipa dengan cara butt fusion ataun welding machine

Proses penyambungan dengan menggunakan mesin butt fusion atau dikenal juga dengan istilang welding machine HDPE pipe merupakan proses penyambungan dengan cara kedua ujung pipa akan dipanaskan hingga beberapa derajat lalu akan disambungkan menggunakan sebuah alat yang dinamakan butt fusion.

Proses pemasangan pipa menggunakan butt fusion atau welding machnine:

  • Pertama-tama pasangkan lah bagian ujung pipa yang akan Anda sambungkan pada alat butt fussion.
  • Kemudian kencangkan lah alat penjepit hingga kedua ujung pipa berada di dalam satu sumbu.
  • Lalu ratakanlah ujung pipanya menggunakan alat perata elektrik hingga kedua pipa benar-benar sudah dalam keadaan rata dan juga bersih.
  • Pasangkan lah alat pemanas diantara bagian ujung pipa dan panaskan plat pemanas nya hingga bagian titik senyawa.
  • Sambungkan dan tekan bagian ujung pipa yang sudah Anda panaskan hingga tekanan persenyawaan nya sudah sesuai.

    3.Proses Penyambungan Pipa HDPE Electro Fusion

Proses penyambungan terakhir adalah dengan menggunakan metode penyambungan pipa HDPE electro fusion. Cara penyambungan menggunakan metode ini bisa memanfaatkan aliran listrik serta membuat pipa tersebut panas dan juga menyatu dengan bagian pipa tersebut dengan cukup baik. Karena panas yang dihasilkan dari sambungan tersebut.

Proses penyambungan:

  • Pertama-tama Anda bisa membersihkan bagian ujung pipa yang akan disambungkan.
  • Kemudian pasangkan lah ujung pipa pada electro fitting
  • Selanjutnya Anda bisa menghubungkan electrode yang ada pada electrofusion ke electro fitting kemudian hidupkan.
  • Persenyawaan sambungan sudah berlangsung jika warna lampu indikator nya sudah berwarna kuning.

Metode penyambungan pada pipa HDPE seperti yang sudah disebutkan di atas bisa juga dikombinasikan menggunakan teknik jointing system dengan menggunakan backing ring, dimantrling join serta rubber gasket kemudian dijadikan sebagain sistem sambungan atau HDPE jointing system yang biasa disebut Flange to Flange Connection yang biasanya akan dilakukan karena pipa yang akan disambung mempunyai jenis yang berbeda.

Distributor Pipa HDPE di Indonesia sudah cukup banyak merekomendasikan pipa ini, sebagai salah satu pipa yang sangat berkualitas. Mulai dari bahan baku hingga ketahanan nya menjadi keunggulan HDPE. Selain itu, metode penyambungan yang beragam pun akan memudahkan Anda untuk memilih cara mana yang sesuai dan bisa Anda lakukan sendiri untuk pemasangan pipa nya.

Itulah pembahasan mengenai cara penyambungan pipa HDPE yang bisa Anda lakukan sendiri, Bagaimana? Dengan keunggulan dan kemudahan penyambungannya, apakah Anda masih tidak tertarik dengan Pipa HDPE?

You May Also Like

error: This Website has been protected !!!