Cara Merawat Instalasi Pipa HDPE

pipa hdpe

Pipa HDPE merupakan salah satu jenis pipa berbahan dasar polietilen yang berkualitas. Polietilen merupakan suatu bahan thermoplastic, sehingga memiliki tekstur yang kokoh, elastis, memiliki daya keretakan yang rendah, serta kuat dan tahan lama. Selain digunakan sebagai bahan pipa HDPE, polietilen juga telah banyak digunakan untuk bahan dasar berbagai produk seperti peralatan rumah tangga, peralatan makan, perlengkapan bayi, dan sebagainya.

Dalam suatu proyek pembangunan, khususnya untuk instalasi perpipaan, umumnya memilih sebagai materialnya. Instalasi perpipaan memilih menggunakan pipa ini dengan alasan sifatnya yang kuat, elastis, dan tahan lama. Selain itu juga akan tahan panas, sehingga tidak akan mudah menyebabkan pencemaran senyawa berbahaya pada air maupun pada lingkungan sekitarnya.

umumnya memiliki umur penggunaan yang cukup lama. Meskipun telah digunakan cukup lama, instalasi pipa tidak akan mengalami kerusakan, sehingga akan memperkecil biaya perawatan. Namun demikian, panjangnya umur penggunaan instalasi tidak bisa diperoleh apabila tidak dibarengi dengan perawatan yang baik dan teratur pula.

Sebaiknya, sejak persiapan dan maping instalasi telah dilakukan berbagai pertimbangan agar instalasi perpipaan dapat berumur panjang dan tidak mengalami kerusakan. Apabila dalam perencanaan dan maping instalasi perpipaan tidak mempertimbangkan perawatan, maka meskipun memiliki bahan yang kuat dan tahan lama, instalasi perpipaan tersebut akan mudah mengalami kerusakan, entah itu pada sambungan, maupun pada bagian lainnya.

Cara Merawat Instalasi Pipa HDPE agar Berumur Panjang

Berikut beberapa langkah untuk melakukan perawatan instalasi pipa agar bisa bertahan lama atau memperpanjang umur penggunaan:

Cara Merawat Instalasi Pipa HDPE: Persiapan dan Maping yang Tepat

Persiapan dan maping instalasi perpipaan harus dilakukan untuk menentukan berbagai hal dalam pemasangan instalasi perpipaan. Dengan melakukan persiapan dan maping, maka akan diketahui kebutuhan pipa HDPE, berbagai ukuran pipa yang dibutuhkan, jumlah sambungan pipa HDPE, kebutuhan aksesoris pipa dan sebagainya. Selain itu, dengan melakukan persiapan dan maping, maka akan diketahui apa saja yang bisa dilakukan dan tidak boleh dilakukan terhadap bagian tertentu dari instalasi perpipaan agar tidak terjadi kerusakan.

Cara Merawat Instalasi Pipa HDPE: Pemasangan Instalasi Pipa yang Tepat

Pemasangan instalasi merupakan hal yang paling penting dalam menjag umur penggunaan instalasi pipa. Pipa HDPE dan fitting yang digunakan harus sesuai dengan perencanaan dan kebutuhan. Contohnya, jenis tekanan PN 10 harus digunakan dengan jenis fitting yang sama yakni PN 10. Jenis pipa yang dipilih juga harus disesuaikan dengan tekanan yang ada. Jika dalam pemasangan instalasi pipa tidak dilakukan dengan teliti, tidak baik dan benar, maka kerusakan akan semakin cepat terjadi.

Cara Merawat Instalasi Pipa HDPE: Menjauhkan dengan Besi

akan semakin cepat mengalami kerusakan apabila bergesekan dengan besi, apalagi besi yang telah mengalami korosi. Meskipun memiliki bahan yang cukup kuat, namun korosi pada besi dapat merusak permukaan pipa, sehingga dapat menimbulkan kerusakan pada instalasi perpipaan.

Cara Merawat Instalasi Pipa HDPE: Menjauhkan dari Benda Runcing dan Tertindih Material Berat

Benda yang runcing serta memiliki beban yang cukup besar, dapat memperpendek umur penggunaan pipa atau instalasi perpipaan itu sendiri. Meskipun tidak secara langsung, namun dalam jangka panjangnya dapat menyebabkan kerusakan instalasi perpipaan.

 

 

You May Also Like

error: Maaf, tidak boleh klik kanan