Cara Mudah Menggunakan Mesin Pipa HDPE

Mesin pipa hdpesaat ini tentu saja bukan merupakan hal atau juga mesin baru yang bisa Anda miliki, karena Anda bisa dengan mudah membeli atau juga mendapatkannya di beberapa toko bangunan. Tahukah Anda jika mesin pipa hdpe ini juga lebih dikenal  dengan sebutan welding machine. Tentu saja banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan mesin yang satu ini. Jika selama ini Anda kesulitan untuk menyambungkan antara satu pipa dengan pipa yang lainnya maka saat ini Anda tidak perlu lagi khawatir karena Anda bisa membeli mesin pipa hdpe yang sangat praktis dan juga mudah untuk menyambungkan ujung- ujung pipa yang ingin Anda sambungkan selain itu hasilnya juga akan sangat sempurna dan dijamin pipa yang Anda sambungkan tersebut tidak akan mudah bocor dan akan tahan lama. Selain itu metode yang bisa Anda gunakan juga beragam mulai dari menggunakan metode mechanical joint, atau Anda juga bisa menggunakan metode lainnya yaitu dengan menggunakan metode elektro fusion namun metode yang satu ini Anda juga memerlukan fitting atau juga alat khusus lainnya dan yang terakhir Anda juga bisa menggunakan metode butt fussion joint.  Selain itu mesin yang Anda pilih atau juga yang Anda beli bisa mesin pipa hdpe yang manual atau juga yang otomatis.  Perbedaannya yaitu, jika Anda menggunakan mesin pipa hdpe yang manual maka nantinya ketika Anda menyambungkan pipa tersebut  Anda juga menggunakan daya dorong yang manual dan tidak menggunakan bantuan mesin, Anda bisa memutar tuas khusus tersebut untuk memajukan dan juga memundurkan pipa tersebut saat proses serut, pemanasan dan juga proses penyambungannya. Namun jika Anda memilih mesin pipa hdpe  yang otomatis maka Anda nantinya akan menggunakan mesin khusus untuk mendorong pipa tersebut sehingga bisa maju dan juga mundur. Nah berikut cara mudah untuk menggunakan mesin pipa hdpe:

Pertama

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara memastikan jika mesin pipa hdpe tersebut bisa terikat dengan benar yaitu dengan posisi yang lurus pada ragumnya, jika Anda sudah pastikan posisinya benar maka Anda bisa melakukan proses selanjutnya situ proses penyerutan. Proses ini dilakukan dengan tujuan untuk meratakan bagian- bagian ujung pipa yang akan Anda sambungkan tersebut nantinya dengan fitting.

BACA JUGA : 4 HAL YANG HARUS DI PERHATIKAN SAAT MEMBELI PIPA HDPE

Kedua

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan cara melanjutkan ke proses pemanasan. Namun pastikan juga jika bagian ujung- ujung pipa yang sudah Anda serut tadi sudah rata bagiannya sehingga memudahkan Anda untuk memanaskannya. Proses pemanasan tersebut biasanya bisa Anda lakukan denga suhu kurang lebih 220 derajat celcius, dengan waktu yang sesuai dengan besaran diameter pipa tersebut. Jika Anda sudah melakukan proses pemanasan maka proses selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan menyatukan kedua ujung bagian pipa- pipa tersebut yaitu dengan cara mendorong kedua ujungnya dan sambungkan satu sama lain. Proses yang satu ini harus benar- benar tepat sehingga nantinya pipa yang akan Anda sambungkan tersebut tidak berlubang dan tidak memiliki celah sama sekali. Jika sudah tersambung, maka langkah terakhir adalah proses pendinginan. Anda bisa mendinginkan pipa tersebut selama beberapa menit hingga kedua ujung yang disambungkan tadi benar benar mengeras dan juga merekat seperti halnya bagian badan pipa lainnya. Nah itu dia beberapa hal dan juga cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menyambungkan pipa dengan menggunakan mesin pipa hdpe.

You May Also Like

error: This Website has been protected !!!