Jual Pipa HDPE ? Kegunaan dalam Pembangunan Sarana Prasarana

Jual Pipa HDPE – Siapa yang tidak mengenal pipa HDPE ? Pipa terbaik di jenisnya yang sudah terkenal ketangguhannya. Pipa HDPE sendiri adalah pipa plastik yang terbuat dari bahan baku berkualitas tinggi. HDPE sendiri merupakan singkatan bahan baku pembuatannya yaitu High Density Polyethylene yang merupakan bahan polymer minyak bumi yang mempunyai tingkat kerapatan yang sangat tinggi.

HDPE (High Density Polyethylene) selain digunakan sebagai bahan pembuatan pipa, juga seringkali digunakan sebagai bahan baku pembuatan kemasan dari berbagai material yang mengandung bahan kimia, hal ini karena sifat bahan plastiknya yang tahan terhadap berbagai bahan kimia. Kegunaan pipa HDPE sendiri lebih kepada media perantara.

Pipa HDPE yang kuat, tahan lama, dan memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi menjadi salah satu alasan banyaknya orang memilih pipa ini untuk proyek pembangunan atau instalasi penyaluran berbagai zat didalamnya. Selain ketangguhannya, kemudahan yang ditawarkan dari pipa HDPE juga menjadi alasan pemilik proyek memilih pipa ini. Kemudahan yang ditawarkan yaitu sistem penyambungannya yang dapat dilakukan secara manual dengan menggunakan fitting dan otomatis menggunakan mesin las HDPE.

Berdasarkan alasan-alasan yang telah dibeberkan diatas, maka tak heran pipa HDPE dipilih untuk menyelesaikan berbagai proyek. Jika Anda tertarik untuk membeli pipa HDPE, Anda bisa membelinya dari distributor pipa HDPE atau supplier pipa HDPE yang banyak tersebar.

Untuk proyek yang cocok dalam menggunakan pipa HDPE biasanya adalah proyek pembangunan saranan dan prasarana, adapaun contohnya antara lain:

  1. Pipa penyaluran air bersih

Air bersih merupakan hal yang paling mendasar dan penting dalam kehidupan masyarakat. Bagi masyarakat perkotaan, air bersih tak jarang harus didistribusikan lewat saluran pipa agar semua masyarakat dapat merasakannya. Berangkat dari hal itu, maka dibutuhkan sebuah media perantara yang membuat air dapat didistribusikan, media perantara tersebut adalah pipa HDPE.

Media untuk mendistribusikan air bersih tentunya harus menggunakan pipa yang tepat. Hal ini agar kebersihan air tetap terjaga sehingga kesehatan masyarakat tidak terganggu. Di pasaran, banyak varian pipa berbagai merk dan jenis yang bisa Anda pilih, namun tidak semua terjamin keamanan dan kehigenisannya. Agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan, Anda dituntut untuk teliti dan jeli dalam memilih produk pipa yang tepat, khususnya untuk air minum.

Pipa HDPE hadir untuk menjawab permasalahan Anda. Mengapa? Karena pipa HDPE cocok digunakan untuk penyaluran atau pendistribusian air bersih. Hal ini karena permukaan pipa HDPE sangat halus (smooth bore) tanpa sisa-sisa plastik yang kemungkinan akan mencemari air ketika mengalir di dalamnya. Selain itu, permukaan pipa HDPE pun tidak berbau sehingga air yang mengalir tidak berbau plastik.

Selain smooth bore, bahan baku yang digunakan pipa HDPE bebas dari racun dan bahan kimia berbahaya. Hal ini karena pipa HDPE memiliki standar SNI dan standar dari WHO (World Health Organization).

Pipa HDPE juga dibuat agar tahan hingga suhu lingkungan mencapai 60°C.  hal ini membuat pipa HDPE terhindar dari bau plastik terbakar. Sehingga air yang mengalir di dalamnya pun tetap terjaga rasa dan baunya.

  1. Pipa pembuangan limbah

Limbah merupakan cairan berbahaya yang tentu harus dibuang. Limbah dapat menghasilkan gas methane yang kedepannya dapat merusak lapisan ozon. Oleh karena itu limbah perlu ditangani dengan cepat, baik, dan tepat agar gas methanenya dapat dimusnakan atau diolah kembali. Untuk pembuangannya, gas methane yang dihasilkan dari limbah kimia sangat korosif, sehingga membutuhkan pipa yang tahan karat, pipa tersebut adalah pipa HDPE.

Pipa HDPE memiliki banyak kelebihan untuk media perantara limbah, yaitu memiliki ketahanan yang luar biasa terhadap zat kimia (Chemical resistance) dan tidak korosi. Tidak seperti pipa besi yang bisa berkarat, pipa HDPE terbuat dari bahan plastik yang tidak akan mengalami korosi. Selain itu, ketangguhan pipa HDPE mampu bertahan hingga lebih dari 50 tahun pemakaian. Sehingga pembuangan limbah tidak tersendat hanya karena pipa telah tua.

Memiliki karakter kuat seperti pipa besi, pipa HDPE juga memiliki tingkat kelenturan atau fleksibilitas yang sangat tinggi. Hal ini karena pipa HDPE terbuat dari plastic polyethylene yang membuat pipa HDPE tidak mudah retak atau rusak. Sehingga pemasangan pipa pembuangan limbah tetap bisa dilakukan walau medan tidak rata.

  1. Pipa penyaluran gas

Bila pipa yang Anda ketahui hanya berwarna hitam, ternyata Pipa HDPE (High-density polyethylene) juga memiliki warna lain, yaitu berwarna kuning. Pipa HDPE berwarna kuning ini ditunjukan untuk media penyaluran gas sehingga warnaya lebih mencolok. nama pipa HDPE ini sendiri bernama Wavin Gas. Berbeda dengan bahan pipa HDPE yang lain, pipa HDPE jenis ini dibuat dengan dua jenis bahan polyetlena. Yaitu dengan bahan baku MDPE (Medium Density Polyethylene) dan HDPE (High Density Polyethylene).

Karakter pipa HDPE gas ini tak jauh berbeda dengan pipa dengan bahan baku yang sama. Pipa ini memiliki kualitas internasional dibawah pengawasan Wavin, BV, Belanda. Selain itu, tingkat kelenturan pipa HDPE sangat tinggi, sehingga proses penyambungan pipa akan lebih mudah di medan bagaimanapun. Selain itu, karena kelenturan ini jugalah pipa akan lebih tahan lama karena tidak mudah bereaksi jika terkena benturan ketika pemasangannya atau selama digunakan.

Kelebihan Pipa HDPE untuk gas selanjutnya adalah ketahanan pipa pada suhu lingkungan yang mencapai 60°C. Hal ini tentu saja membuat aliran gas di dalam pipa tetap terjaga keamanannya.

Pipa HDPE Wavin Gas sendiri menawarkan dua varian yang dibedakan dengan warnanya. Warna kuning merupakan pipa dengan bahan PE-80, sedangkan pipa oranye diproduksi dengan bahan PE-100. Bahan baku yang berbeda ini membuat kedua jenis pipa HDPE ini memiliki karakter berbeda satu dengan yang lain.

Untuk pipa berwarna kuning, biasanya digunakan untuk skala SDR 11. Sedangkan untuk pipa berwarna oranye bisa digunakan untuk SDR 17,6. Perwujudan kedua pipa ini bisa dikemas dalam bentuk roll untuk ukuran kecil yang memiliki diameter dibawah 4” dan batangan untuk ukuran besar dengan diameter diatas 4”.

Pipa HDPE gas sudah terbukti efektif dalam pemasangannya, baik ditanam di dalam tanah, dipasang pada rangka gedung, ataupun disambungkan di dalam laut. Penggunaan pipa HDPE dapat menekan biaya produksi dan  sangat efektif bila digunakan dalam solusi menjawab permasalahan gas di perkotaan, perindustrian, atau pertambangan.

  1. Pipa penyaluran biogas

Pipa HDPE adalah jenis pipa yang paling tepat untuk lingkungan kerja di Biogas. Hal ini karena lingkungan kerja di biogas sangat korosif sehingga pipa HDPE adalah pilihan terbaik. Terbuat dari plastik Polyethylene, pipa HDPE tidak bereaksi terhadap bahan kimia.
Pipa HDPE yang paling sering digunakan untuk Biogas adalah PN 8 dan PN 6.3. Hal ini karena biogas berurusan dengan gas yang tekanannya negative, sehingga tidak membutuhkan pipa yang tebal.

  1. Dan fungsi lainnya diluar fungsi pipa HDPE pada umumnya.

You May Also Like

error: This Website has been protected !!!