Mau Beli Pipa PVC? Awas, Jangan Sampai Salah Pilih!

Pipa? Tentu saja semua orang sudah tahu apa itu pipa, saluran air yang memiliki lubang dan dibuat dengan diameter tertentu. Pipa merupakan salah satu kebutuhan sekunder yang sangat dibutuhkan untuk berbagai macam keperluan. Faktanya, untuk menyalurkan air penggunaan pipa menjadi benda paling diutamakan, baik untuk skala kecil atau besar.

Jika Anda mengunjungi supplier pipa HDPE atau yang lainnya, Anda mungkin akan sedikit bingung pipa mana yang harus digunakan untuk keperluan Anda. Berbagai macam jenis pipa dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing tentu saja menjadi hal penting yang perlu Anda ketahui. Jangan sampai karena Anda tidak tahu mengenai pipa, Anda jadi salah beli atau bahkan dibohongi oleh penjual pipa yang nakal.

Ada banyak jenis pipa, misalnya saja seperti pipa HDPE, pipa PPR dan pipa PVC. 3 Jenis pipa ini tentunya akan membuat Anda bingung jika tidak tahu mengenai bahan dan untuk apa penggunaanya. Sehingga, sangat penting sekali ketika Anda mengunjungi distributor pipa HDPE atau pipa lainnya, Anda harus benar-benar bisa memastikan.

Caranya, Anda bisa bertanya secara langsung pada supplier atau dengan mencari beberapa artikel tentang pipa sebelum membelinya, agar pengetahuan Anda tentang pipa bisa dimanfaatkan ketika proses pemilihan pipa. Untuk itu pipahdpeindonesia.com akan memberikan informasi penting mengenai perpipaan agar Anda tidak salah pilih.

Beli Pipa Jenis PVC, Apa Manfaatnya?

Kebutuhan akan pipa memang sudah tidak bisa dipungkiri. Saluran air bersih menjadi pilihan paling utama untuk kebutuhan rumah tangga. Tanpa pipa, bagaimana mungkin air bisa benar-benar tersalurkan dengan baik. Tidak mungkin Anda harus menggotong air dari sungai atau dari sumur setiap hari bukan? itu akan sangat melelahkan serta memakan waktu. Apalagi jika Anda memiliki anggota keluarga yang banyak di rumah, kemudian ada beberapa kamar mandi yang perlu mendapatkan saluran air dalam waktu bersamaan, tentu saja pipa yang akan menjadi solusinya.

Saat Anda memiliki masalah rumah tangga akan saluran air, kemudian mengunjungi supplier pipa untuk mengatasi masalah Anda sebaiknya Anda memilih pipa yang paling tepat. Misalnya saja dengan membeli jenis pipa PVC.

Pipa PVC atau Polyvinyl Chloride merupakan jenis pipa yang terbuat dari bahan thermoplastic yaitu jaringan perpipaan non besi murah. Thermoplastik merupakan bahan yang terbuat dari minyak bumi. Karakter yang murah, sangat mudah dirangkai dan tahan lama menjadi kelebihan dari PVC. Penggunaan pipa PVC sudah cukup populer dan 50% nya digunakan sebagai bahan material bangunan. Bahan untuk PVC sendiri sudah ditemukan sejak tahun 1835 oleh Henri Victor Regnault, membuat pipa ini sudah dikenal banyak kalangan.

Jenis Pipa PVC

Untuk menambah pengetahuan dan supaya semakin memantapkan Anda agar membeli pipa PVC, ada baiknya Anda juga mengetahui lebih jauh mengenai jenis-jenis dari pipa PVC.

  1. PVC JIS (AW&D)

Jenis yang pertama adalah PVC JIS, yang merupakan pipa dengan standar Japanese Industrial Strandar yaitu produk generasi pertama untuk pipa PVC di Indonesia. Produk ini mempunyai ukuran standar pada diameternya sendiri, panjang optimalnya adalah 4 meter per batang.

Jenis PVC JIS sudah dilengkapi dengan puluhan jenis fitting, sehingga sangat memungkinkan untuk Anda bisa merangkai jalur pipa sesuai dengan keinginan Anda. Di Indonesia, jenis pipa ini dibagi menjadi 2 kelas yaitu ekonomi dan premium. Produk ekonomi misalnya waving standard Aqualon sedangkan untuk premium misalnya RUCIKA. Perbedaannya ada pada ketebalan premium yang lebih besar jika dibandingkan yang ekonomi.

  1. Pipa PVC SNI

SNI tidak hanya untuk penggunaan helm saja ya, SNI juga bisa dilabeli pada pipa. Nah, pipa PVC SNI artinya sudah sangat jelas bahwa standarnya sudah memenuhi skala nasional. Ukuran dari pipa PVC SNI dibuat berbeda-beda sehingga sangat penting untuk Anda mengetahui ukuran kebutuhan pipa Anda sebelum memilihnya.

Panjang optimal pada pipa SNI juga berbeda dengan JIS. Walaupun diameter 4 meter per batang masih bisa Anda dapatkan, namun umumnya PVC SNI mempunyai panjang diameter 6 meter untuk per batangnya.

Berbeda dengan standar pada JIS, SNI juga mempunyai variasi pada proses penyambungannya. Selain bisa menggunakan metoder persenyawaan dengan lem, SNI juga bisa menggunakan model penyambungan rubbering joint. Metode tersebut bisa Anda lakukan dengan mudah tanpa membutuhkan bahan perekat atau pun mesin penyambung lainnya. Sehingga dalam proses fitting, aksesori yang tersedia bisa dalam bentuk solvent cement dan juga rubbering joint.

Diameter dari pipa PVC SNI mempunyai variasi paling kecil dari ½ inch sampai 24 inch. Jumlah variasinya lebih banyak jika dibandingkan dengan standard JIS yang hanya tersedia dari ukuran ½ incih sampai 12 inch saja.

  1. PVC Limbah

Bahan pipa PVC memang mempunyai karakter yang sangat unik, permukaannya yang halus serta tahan pada bahan kimia membuat PVC sangat direkomendasikan untuk pemasangan pipa pada saluran air limbah buangan serta saluran air kotor.

Walaupun menggunakan jenis produk pipa yang biasanya namun secara spesifiknya ada beberapa pabrik yang akan memberikan penawaran untuk produk dengan spesialisasi pipa air limbah, misalnya saja waving dan juga waving lite. Panjang optimal dari waving lite bisa mencapai hingga 6 meter per batangnya.

Pipa limbah ini juga sangat mudah untuk diaplikasikan, karena sistem penyambungannya menggunakan metode rubber joint yang memungkinkan untuk menyambung dengan bebas sekat atau pemicu terjadinya saluran tersumbat.

Ukuran pipa limbah yang direkomendasikan adalah dimulai dari ukuran 3 inch, sebab ukuran yang lebih kecil akan sangat beresiko membuat adanya sumbatan pada pipa. Selain itu, karena kebutuhannya untuk pembuangan limbah maka dibuat produk pipa SDR-41 yang mempunyai tekanan tidak sampai 5 bar.

  1. PVC-O

Pipa jenis PVC-O merupakan salah satu pipa generasi yang terbaru untuk produk PVC yang pengembangannya menggunakan material PVC berorientasi Bi-axial. Pipa jenis ini mempunyai kelebihan, yaitu bisa meningkatkan sampai beberapa kali lipat kekuatan pipa jenis PVC yang konvensional. Karakter dari pipa ini adalah elastis, ringan, tidak mudah rusak serta diameternya yang cukup tipis sehingga membuat pipa mampu menampung volume air dalam jumlah yang banyak. Di Indonesia varian pada jenis PVC-O hanya tersedia 1 jenis saja yaitu waving Apollo yang memiliki diameter 6 meter per batangnya.

Beberapa jenis pipa PVC diatas sudah dijelaskan bersama dengan manfaatnya, sehingga Anda bisa lebih spesifik untuk pemilihan pipa paling tepat sesuai kebutuhan. Asalkan Anda sudah tahu kekurangan dan kelebihan tiap pipa, memilih pipa yang sesuai tentu akan sangat mudah. Namun yang paling sulit adalah melakukan proses penyambungannya, jika Anda memang belum ahli sebaiknya Anda memanggil tukang atau ahli pemasang pipa agar tidak ada kesalahan saat proses pemasangannya.

Mau Beli Pipa PVC? Awas, Jangan Sampai Salah Pilih!

 

 

You May Also Like

error: This Website has been protected !!!