Penyaluran Air Bersih Menggunakan Pipa HDPE

Air minum adalah salah satu hal penting bagi masyarakat. Bagi masyarakat perkotaan, air minum tak jarang harus didistribusikan lewat saluran air yang saling tersambung satu dengan lainnya. Berangkat dari hal itu dibutuhkan perantara yang mampu membuat air dapat didistribusikan, salah satunya adalah menggunakan pipa.

Menggunakan pipa untuk mendistribusikan air haruslah menggunakan pipa yang tepat. Hal ini agar kebersihan air tetap terjaga sehingga kesehatan masyarakat tidak terganggu. Di pasaran, banyak varian pipa berbagai merk yang bisa Anda pilih, namun tidak semua terjamin keamanan dan sesuai dengan standar.

Untuk menghindari hal tersebut, tentu Anda harus teliti dalam memilih produk pipa yang tepat, khususnya untuk air minum. Banyak pipa untuk saluran air yang bisa Anda pilih, beberapa diantaranya bahkan berstandar SNI, dalam penggunaan sebagai saluran air minum,.Pipa HDPE adalah pipa yang paling tepat.

Diberi nama High Density Polythylene (HDPE) yang berarti Plastik Polietilena bermasa jenis tinggi, pipa plastik ini terbuat dari bahan baku plastic polyethylene yang telah dikenal luas aman untuk air minum. Pipa HDPE sendiri menggunakan jenis plastic Thermaoplastik yang memiliki tingkat kelenturan yang tinggi, tangguh, tahan cuaca, dan higenis yang sangat cocok digunakan untuk saluran air bersih bertekanan rendah atau tinggi. Bagi Anda yang inginmemiliki pipa HDPE, Anda dapat menemukannya di Pipa HDPE Indonesia, distributor pipa HDPE dan supplier Pipa HDPE No.1 di Indonesia.

Kelebihan pipa HDPE dibanding pipa lain untuk saluran air bersih adalah strukturnya yang elastis, pipa yang elastis akan memudahkan penyambungan pipa mengikuti struktur tanah, baik di daerah perkotaan, perbukitan ataupun pegunungan sehingga terhindar dari keretakan atau kerusakan. Hal ini tentu saja memudahkan pendistribusian air bersih untuk masyarakat.

Kualitas Pipa HDPE bisa dilihat dari ketangguhannya. Diciptakan agar tahan hingga suhu lingkungan mencapai 60°C, hal ini agar air bersih tidak tercemar baud an lelahan plastic dari pipa

Kualitas pipa HDPE tidak usah diragukan lagi. Selain kelebihan-kelebihan yang telah disebutkan diatas, pipa HDPE juga memiliki ketahanan hingga 50 tahun lebih. Selain itu, pipa HDPE pun telah diakui sesuai dengan standar nasional dan internasional.

Dalam pengaplikasian pipa HDPE untuk pendistribusian air bersih, pipa bisa disambung dengan berbagai teknik, yang pertama dengan memanfaatkan sifat thermoplastiknya dengan menggunakan mesin pemanas atau welding machine. Sifat themoplastik pada pipa sendiri berarti mengeras pada saat suhu normal atau dingin dan meleleh jika dipanaskan dengan suhu tinggi. Teknik ini dikenal dengan metode penyambungan butt fusion.

Teknik kedua adalah mechanical compression joint. teknik ini dianggap teknik yang paling mudah diantara teknik penyambunngan lainya. Tanpa menggunakan mesin penyambung, teknik mechanical compression joint ini hanya membutuhkan aksesoris pipa. walau mudah, sayangnya cara ini memiliki keterbasan dalam teknik penyambungannya. Hal ini karena ukuran pipa yang bisa disambung adalah pipa HDPE berdiameter kecil, kurang dari 4 inch.

Teknik ketiga untuk penyambungan pipa adalah electro fusion, sesuai dengan namanya, proses electro fusion adalah penyambungan pipa HDPE dengan aksesoris yang dikoneksikan dengan mesin electro fusion.

Memilih menggunakan Pipa HDPE untuk penyaluran air bersih adalah solusi yang paling efektif dalam segi biaya dan kualitasnya. Semua masalah perpipaan baik di rumah, perkotaan, perindustrian, pertambangan, pertanian, dan lain sebagainya dapat dianganai dengan baik oleh pipa HDPE.

You May Also Like

error: This Website has been protected !!!