Penyebab Kerusakan Pada Pipa dan Cara Mengatasinya

Kerusakan yang terjadi pada pipa saluran air di rumah bisa saja terjadi, entah karena bocor atau retak. Hal ini sebenarnya biasa terjadi pada sambungan pipa, bahkan bisa juga pada bagian badan pipanya karena ada cacat material misalnya saja berlubang.

Penyebab Pipa Rusak

Pipa mengalami kerusakan bisa diakibatkan oleh beberapa kondisi, berikut ini adalah 5 penyebab kerusakan yang terjadi pada pipa.

  1. Kebocoran pada pipa

Kondisi bocor juga bisa saja terjadi karena Anda salah melakukan pemasangan. Akibatanya air akan keluar atau merembes dan bisa juga ada zat lain yang akan masuk ke bagian dalam pipa dan mencemari air. Kebocoran pipa lah yang akan memicu adanya tekanan air yang berubahan. Perubahan tekanan tersebut bisa menyebabkan adanya sumbatan karena endapan atau pun benda lainnya. Perubahan tekanan tersebut bisa saja diakibatkan karena rusaknya tangki gelontor pada bagian kloset.

  1. Penyumbatan pada pipa

Kerusakan yang terjadi pada pipa juga bisa diakibatkan karena ada penyumbatan pada bagian dalam pipanya. Penyumbatan yang sangat fatal dan cara pembersihan yang sangat tidak tepat tentu saja akan sangat mudah menyebabkan pipa rusak. Penyebab kerusakan lain pada pipa adalah bisa karena pukulan pada bagian badan pipa atau bisa juga karena beban pada pipa yang terlalu besar serta membebani pipa akibatnya pipa akan pecah.

  1. Pemasangan pipa yang salah

Proses pemasangan pipa yang salah juga bisa saja menjadi pemicu mengapa pipa mengalami kerusakan atau bocor. Misalnya saja saat proses penyambungannya ternyata kurang pas atau ternyata pipa tertimpa oleh benda yang membuatnya harus menahan beban berat. Karena itulah sangat penting juga untuk Anda bisa benar-benar memastikan proses pemasangannya tidak salah.

  1. Plester tembok yang mengalami kerusakan

Kerusakan pada bagian plester tembok juga bisa saja menyebabkan pipa Anda mengalami kerusakan. Bagian plester yang ternyata mempunyai kualitas sangat buruk atau bahkan dibuat dengan cara salah akan memicu terjadinya kebocoran pada pipa. Misalnya saja, plester tembok yang mudah rusak dan juga menekan bagian permukaan pipa. Pipa yang terus saja bertekanan makan semakin lama akan terjadi keretakan dan juga tidak menutup kemungkinan pipa bisa pecah.

  1. Kualitas pipa yang sangat buruk

Ketik Anda membeli pipa di salah satu toko bangunan, Anda tentunya akan menemukan banyak jenis dan juga merek pipa yang bisa Anda pilih. Harga yang akan ditawarkan juga sangat beragam dari yang murah sampai maha. Nah, sebaiknya Anda berhati-hati untuk memilih pipa yang sangat berkualitas dengan harga terjangkau. Sebaiknya Anda coba mencari distributor pipa HDPE yang terpercaya yang bisa membantu pembelian pipa Anda.

Ada baiknya Anda juga menghindari pipa yang mempunyai harga murah jika memang pemasangannya di dalam dinding. Karena hal tersebut bisa mengakibatkan kualitas pipa menjadi sangat kurang baik. Namin jika ternyata pipa Anda ingin digunakan pada bagian luar yang terlihat, maka pipa yang murah tidak akan menjadi masalah. Sebab jika terjadi kerusakan atau kebocoran Anda bisa dengan mudah menggantinya.

Pipa yang mengalami kerusakan tentu saja harus segera Anda atasi agar kebocoran atau kerusakannya tidak terlalu parah. Jika memang sudah parah tentu saja salah satu pilihannya adalah dengan mengganti pipa. Penggantiannya bisa dengan pipa HDPE atau PPR dan jenis lainnya.

BACA JUGA : 5 KEUNGGULAN PIPA HDPE

pipa ppr

Cara Mengatasi Kerusakan Pada Pipa

Kerusakan bisa karena Anda salah beli pipa atau tidak bertanya dengan jelas pada supplier pipa HDPE mengenai pemasangannya. Sebelum Anda mengatasi kerusakan yang terjadi pada pipa, hal yang perlu Anda lakukan tentu saja harus bisa memastikan apa yang menyebabkan pipa rusak agar Anda tahu apakah harus ganti pipa atau tidak. Jika memang terjadi kebocoran Anda harus memastikan bagian mana yang bocor, apakah di bagian pipa atau ternyata dibagian sambungannya?

  1. Memotong pipa yang mengalami kebocoran

Jika pipa mengalami kebocoran Anda bisa menghilangkannya dengan cara memotong bagian paling dekat dengan titik kebocoran. Caranya adalah dengan memotong ujung pipa yang satu dan juga ujung lainya pada bagian atas sambungannya. Setelah itu pada bagian sambungan dengan pipa lainnya yang mempunyai diameter yang sama dengan bagian bocor. Selanjutnya Anda bisa menyesuaikan dengan panjang pipa yang akan diganti. Berikan juga lem khusus pada bagian permukaan di dalam floksok atau penyambungannya. Telmpelkanlah pipa yang baru yang sudah Anda ukur dengan tepat di bagian ujung kedua pipa lama dengan menggunakan 2 flosfok.

  1. Mengatasi kebocoran repairing set untuk pipa PPR

Repairing set untuk pipa PPR adalah salah satu cara untuk mengatasi adanya kebocoran atau kerusakan pada pipa. Hal ini harus dimiliki oleh tiap aplikator pipa PPR. Dengan melakukan repairing set Anda bisa menghemat waktu perbaikan pipa tanpa harus membongkar bagian lantai atau dinding yang menghalangi pipa. Teknik perbaikannya akan menggunakan system polyfusion welding yang kualitas perbaikannya memang sudah terjamin. Perbaikan menggunakan repairing set terdiri dari 2 jenis yaitu repairing stick 12 mm dan repairing matrice 12 mm.

Beberapa peralatan yang akan Anda butuhkan ketika akan memperbaiki pipa dengan repairing set adalah:

  • Repairing stick 12 mm
  • Repairing matrice 12 mm
  • Tang potong
  • Welding machine
  • Meteran
  • Obeng
  • Lap
  • Spidol
  • Kunci L

Cara perbaikan menggunakan repairing set:

  • Pertama, Anda bisa melubangi bagian pipa yang bocor atau rusak menggunakan bor 10 mm
  • Kemudian, bersihkanlah sisa bor dan jug air yang keluar
  • Setting stopper lalu beri tanda pada bagian repairing stick sesuai dengan ketebal pipa yang akan dilakukan perbaikan.
  • Lakukanlah proses pemanasan pada repairing stick dan juga pipa secara bersamaan kurang lebih 5 detik saja.
  • Masukanlah repairing stick ke bagian lubang yang sudah Anda panaskan, sebaiknya Anda juga berhati-hati jangan sampai memutar bagian repairing stick
  • Saat sudah dingin Anda bisa memotong sisi repairing stick yang menonjol ke bagian luar.

Sebaiknya, jika Anda memang tidak memiliki pengalaman melakukan repairing set cobalah setidaknya 2 kali percobaan. Lalu perhatikanlah secara visual hasil sambungannya dengan sangat teliti. Jika sambungannya bagus makan bisa Anda lanjutkan.

Itulah informasi mengenai penyebab kerusakan pada pipa dan cara mengatasinya. Mencari tahu lebih jelas mengenai pipa sebelum Anda melakukan pembelian akan sangat lebih baik agar Anda tidak salah beli. Selain itu, jika memang Anda tidak mengerti cara memasang pipa sebaiknya jangan langsung memasang pipa utama, cobalah untuk melakukan percobaan dahulu. Namun kalau memang tidak berhasil Anda bisa meminta ahli pemasang pipa untuk membantu proses pemasangan pipa Anda. Rekomendasi jenis pipa yang bisa Anda pilih adalah jenis HDPE atau PPR yang bisa tahan terhadap tekanan dan kondisi suhu tertentu.

 

pipa ppr, penyebab kerusakan pipa ppr

You May Also Like

error: This Website has been protected !!!