Supplier Pipa HDPE-13 Keunggulan Pipa HDPE yang Tidak Dimiliki Pipa Lainnya

Ada banyak keunggulan dari pipa HDPE yang sudah terbukti dan tentunya akan memberikan keuntungan untuk Anda kedepannya. Jika Anda tertarik untuk merasakan keunggulan dari pipa HDPE, Anda dapat memiliki pipa HDPE berkualitas baik dengan membeli dari distributor pipa HDPE atau Supplier pipa HDPE yang sudah banyak tersebar di Indonesia. Sebelum merasakan keunggulan dari pipa HDPE, sebaiknya Anda mengetahui kelebihan pipa HDPE sebagai berikut:

  1. Tahan lama hingga berumur lebih dari 50 tahun
    Ketangguhan pipa HDPE terbukti dari lamanya usia pipa dapat bertahan. Pipa HDPE dapat bertahan hingga usia lebih dari 50 tahun pemakaian. Hal ini tentu menjadikan pipa HDPE sebagai pipa terbaik dan terlama dalam pemakaiannya. Hal ini karena pada umumnya pipa selain pipa HDPE hanya bertahan dalam kurun waktu 30 tahun.Umur pemakaian pipa HDPE bahkan bisa lebih lama jika pipa HDPE Anda tidak terlalu terpapar sinar matahari atau terhindar dari beragai benturan.
  1. Memiliki karakter yang kuat
    Pipa HDPE memiliki karakter kuat seperti pipa besi namun memiliki tingkat kelenturan dan fleksibilitas yang sangat tinggi. Mengapa? karena pipa HDPE terbuat dari bahan baku plastic polyethylene yang membuat pipa HDPE tidak mudah retak atau rusak. Selain itu, pipa HDPE memiliki ketahanan dari bahan kimia yang luar biasa, sekalipun terpapar bahan kimia yang keras.
  1. Fleksibel
    Pipa HDPE memiliki tingkat kelenturan yang sangat tinggi sehingga proses penyambungan pipa menjadi lebih mudah. Selain itu, berkat kelenturan dari pipa HDPE, pipa akan lebih tahan lama karena tidak mudah bereaksi jika terkena benturan ketika pemasangannya atau selama pipa HDPE digunakan.Jika Anda ingin membuktikan Kefleksibilitasan pipa HDPE, Anda dapat mencoba membengkokkan pipa dengan radius 25 kali diameter pipa nominal.  Jika terbukti, pipa HDPE ini tentunya dapat menghilangkan banyak penggunaan fitting, thrust blok atau penahan lainnya, tidak seperti yang diperlukan oleh pipa lainnya.Pipa HDPE cocok untuk tanah yang masuk kedalam daerah yang rawan gempa hal ini karena fleksibilitas dari tekanan pipa HDPE yang dinamis. Karena fleksibel, pipa HDPE pun tahan terhadap tekanan yang berulang dan signifikan.
  1. Berstandar SNI
    Sebagai pipa yang telah terbukti kualitasnya, pipa HDPE telah lama berstandar SNI. Bahan baku yang aman, tidak beracun, sturktur yang kuat dan tahan lama, elastis, dan tidak bereaksiterhadap bahan kimia berbahaya menjadi alasan pipa HDPE sudah terstadari SNI, bahkan diakui oleh WHO.
  1. Memiliki permukaan dalam pipa yang halus dan tidak berbau
    Pipa HDPE sangat cocok bila digunakan untuk penyaluran atau pendistribusian air bersih. Hal ini disebabkan permukaan pipa HDPE yang sangat halus tanpa sisa-sisa plastik. Sehingga tidak akan mencemari air atau zat lainnya yang mengalir di dalamnya. Selain itu, permukaan dalam pipa HDPE pun tidak berbau sehingga air atau zat lainnya yang mengalir tidak berbau plastik.Pipa HDPE memiliki permukaan yang halus pada bagian dalamnya sehingga tidak menimbulkan korosi serta dapat mempertahankan kemampuan mengalir air atau zat lainnya dari waktu ke waktu.
  1. Tahan terhadap sinar matahari langsung
    Ketangguhan pipa HDPE dapat dilihat lagi dari ketahanan pipa dari suhu lingkungan yang mencapai 60°C. Tidak seperti pipa jenis lainnya yang jika terpapar suhu lingkungan yang mencapai 60°C membuat pipa mengeluarkan bau plastik terbakar atau bahkan meleleh. Apalagi bila suhu lingkungan di sekitar pipa dibawah temperatur 60°C, pipa HDPE dapat memiliki usia penggunaan yang paling optimal atau sangat lama sampai 100 tahun!
  1. Tidak korosi dan berjamur
    Tak seperti pipa besi yang bisa berkarat atau mengalami korosi, pipa yang terbuat dari bahan plastic polyethylene tidak akan mengalami korosi atau tuberculate yang dapat mendukung pertumbuhan biologis (jamur).
  1. Tidak beracun
    Bahan baku yang digunaka pipa HDPE bebas dari racun dan bahan kimia berbahaya. Hal inilah yang membuat pipa HDPE mendapat standar SNI dan standarWHO (World Health Organization)
  1. Bebas dari kebocoran
    Pipa HDPE yang disambungkan dengan cara pemanasan (heat fusion) untuk membentuk sambungan antara pipa tentunya bebas dari kebocoran. Selain itu pun, sambungan pipa yang digabungkan nyatanya memiliki kekuatan yang lebih kuat daripada pipa itu sendiri. Biasanya, setiap 12 -24 meter potensi kebocoran akan terjadi seperti yang ditemukan pada pipa selain pipa HDPE beserta sambungannya.
  1. Ringan
    Material pipa HDPE terbuat dari bahan baku plastic polyethylene yang berkualitas tinggi, hal ini membuat pipa HDPE terasa lebih ringan bila dibandingkan dengan pipa dari bahan baku lainnya. Karena keringanannya, proses mobilisasi, instalasi, penyambungan, dan pemasangan akan berjalan dengan mudah serta tidak membutuhkan banyak tenaga karena pipa yang digunakan cenderung ringan.
  1. Sambungan pipa yang sangat kuat
    Sambungan pipa HDPE akan menyatu dengan sangat kuat, bahkan mempunyai kekuatan lebih dibandingkan pipa HDPE itu sendiri, maka dari itu tidak diperlukan lagi pemasangan thrust blok. Sambungan antara pipa HDPE tidak mudah bocor sehingga menghilangkan exfiltration infiltrasi. Pipa HDPE tidak seperti pipa lainnya yang sering terjadi masalah kebocoran dan kekuatan sambungannya ketika sedang dalam proses penyambungan pipa.
  1. Hemat biaya
    Kombinasi dari fleksibilitas, kekuatan, tahan sinar matarahari, dan bebas kebocoran pada sambungan pipa HDPE akan menghemat biaya instalasi Anda jika dibandingkan dengan pipa PVC yang kaku dan pipa lainnya. Instalasi pipa lainnya tentu lebih mahal bila dibandingkan pipa HDPE yang dapat menghemat banyak waktu, tenaga, dan uang.
  1. Mudah pemasangannya
    Pemasangan pipa HDPE lebih mudah dibandingkan dengan pipa lainnya. sehingga membuat proses konstruksi menjadi sangat hemat. Kemudahan dalam instalasi yang ditambah dengan ringannya pipa HDPE, membuat proyek menjadi lebih efisien dalam penanganan dan pemasangan di lapangan dibanding dengan pipa lainnya.Efisiensi sendiri disini maksudnya adalah penanganan dan penyambungan yang lebih mudah, jumlah tenaga kerja bisa lebih sedikit, peralatan-peralatan berat yang lebih sedikit, dan keamanan lebih terjamin.Kemudahan pemasangan pipa HDPE ini adalah karena teknik pemasangannya yang simple dan tidak membutuhkan alat-alat berat. Teknik pertama yang bisa Anda gunakan adalah dengan penyambungan butt fusion, yaitu teknik dengan memanfaatkan sifat thermoplastic pipa dengan menggunakan mesin pemanas atau welding machine.Teknik kedua yang bisa Anda pilih adalah mechanical compression joint. Teknik ini termasuk teknik yang paling mudah dalam pengaplikasiannya dibanding teknik penyambungan pipa HDPE  lainya. Tanpa menggunakan mesin penyambung, teknik mechanical compression joint ini hanya membutuhkan aksesoris pipa HDPE.Teknik ketiga adalah electro fusion, sesuai dengan namanya, proses electro fusion adalah penyambungan pipa HDPE dengan aksesoris yang dikoneksikan dengan mesin electro fusion. Dengan alat ini pipa HDPE akan disambungkan dengan pipa HDPE yang lain dengan menggunakan fitting coupler electrofusion

You May Also Like

error: This Website has been protected !!!