Tips Membeli Pipa HDPE yang Tepat

Berbicara mengenai pipa, siapa yang tidak tahu pipa HDPE? Pipa elastis yang memiliki kualitas nomor wahid ini memang sudah tidak diragukan lagi ketangguhannya. Memiliki sifat lentur nan elastis, mudah pemasangan dan penyambungannya, dan tahan di segala cuaca dan konsisi menjadikan pipa HDPE yang terbaik di jenisnya.

Nama pipa ini sendiri diambil dari bahan baku yang digunakan, High Density Polyethylene Plastic Pipe atau HDPE yang berarti Plastik Polietilena bermasa jenis tinggi. Memiliki kualitas yang sangat baik, jenis bahan thermaoplastik sendiri sudah sering digunakan sebagai bahan baku mainan, peralatan makan, botol susu, hingga deterjen.

Thermaoplastik sebenarnya memiliki berbagai macam jenis, salah satunya adalah PE-HD yang digunakan untuk produk pipa HDPE. Pipa HDPE sendiri memiliki tingkat kelenturan yang sangat tinggi, tangguh, tahan lembab, dan keretakan sangat rendah yang biasanya digunakan untuk saluran air bersih bertekanan rendah atau tinggi. Untuk dapat merasakan semua kelebihan dari pipa HDPE tersebut Anda dapat menemukannya di Pipa HDPE Indonesia, distributor dan supplier Pipa HDPE No.1 di Indonesia.

Sebelum memilih pipa mana yang ingin Anda beli, ada baiknya Anda mengetahui tips membeli pipa HDPE yang tepat berikut ini:

  1. Pahami Jenis Pipa

Di pasaran, terdapat banyak jenis pipa yang bisa ditemukan. Ada pipa PVC, pipa besi, pipa plastic, dan pipa PE-100 atau HDPE yang kini sedang dibahas. Dalam membeli pipa yang baik dan pas sesuai kebutuhan, Anda harus lebih dulu mengetahui jenis pipa dan kegunaannya.

Jenis pipa HDPE sendiri didesain untuk perpipaan saluran air bersih bertekanan. Hal ini karena jenis pipa HDPE anti karat, aman untuk air bersih karena tidak menimbulkan resiko pencemaran, kuat, lentur, dan yang terpenting adalah tahan lama hingga lebih dari 50 tahun.

  1. Pahami Spesifikasi Pipa

Selain jenis pipa, spesifikasi pipa juga harus Anda perhatikan. Lewat spesifikasi pipa sendiri akan membantu Anda dalam mengetahui perusahaan pembuat pipa tersebut, standard yang digunakan pipa, dan ukuran diameter pipa. Berbagai merk pipa sangat banyak di pasaran, setiap merk memiliki spesifikasi yang berbeda sehingga penting rasanya memperhatikan pipa agar sesuai kebutuhan.

Pipa HDPE misalnya, pipa terbaik yang bisa Anda pilih karena memiliki kualitas yang baik dan standard yang sudah diakui. Tergantung kebutuhan, masing-masing pipa HDPE memiliki spesifikasi yang berbeda untuk pipa air bersih, air buangan, air limbah, bahan kimia, gas bertekanan, atau air bertekanan.

  1. Pahami Kekuatan dan Ketahanan Pipa

Tips ketiga adalah memahami kekuatan dan ketahanan pipa. Untuk Pipa HDPE sudah tak diragukan lagi kekuatan dan ketangguhannya. Terbuat dari material plastic polyethylene bermassa jenis tinggi (HDPE),  pipa ini memiliki karakter kuat seperti pipa besi namun tingkat kelenturannya sangat tinggi. Hal ini membuat pipa HDPE tidak mudah rusak. Selain itu, umur pipa HDPE pun sangat lama, yakni sampai 50 tahun penggunaan jika pipa berada di lingkungan yang memungkinkan.

Dalam memilih pipa, pipa HDPE lah pilihan paling tepat untuk digunakan di segala kontur tanah, cuaca, dan lokasi sulit sekalipun. Berbahan baku polyetheline, membuat pipa HDPE memiliki keistimewaan dari segi kelenturan, ketahanan, dan kekuatannya.

Pipa HDPE adalah solusi yang paling efektif dalam segi biaya dan kualitasnya. Semua masalah perpipaan baik di rumah, kota, industri, pertambangan, Tempat Pembuangan Akhir (TPA), pertanian, dan lain sebagainya dapat dianganai dengan baik oleh pipa HDPE.

 

You May Also Like

error: This Website has been protected !!!